31.8.10

Akhirnya Tercatat sebagai WNI

Beberapa hari lalu, untuk pertama kali saya punya KTP. Artinya, hak-hak kependudukan saya udah diakui, dan udah boleh masuk ke tempat-tempat 18+ dong! Nah, bentar lagi juga bakalan ngurus SIM motor, biar mengendaranya tenang nggak perlu petak umpet dengan abang-abang kepolisian.  Emang punya dokumen lengkap penting? Penting banget bloggers, dengan dokumen lengkap dan sah, Insya Allah deh hak kita sebagai warga Negara bisa dilayani dengan maksimal.

Contohnya, tiba-tiba keseruduk kendaraan lain saat berkendara, akses asuransi jasaraharja akan lebih mudah dengan dokumen lengkap and many more, because there are a lots things out there needs documents! Sekedar saran juga nih, kalau mau ngurus dokumen gitu-gituan kudu sekarang aja, biar nggak mumet kalau tiba-tiba butuh!
*****

But, another thing makes my heart feel so pain about this country. Birokrasi di Indo nggak sehat-sehat. Saya tahu alasan sebagian orang nggak punya KTP, kartu Keluarga, SIM, paspor atau apalah namanya, karena ngurusin gituan ribet banget dan lamaaa tanpa jasa calo!
Dulu, waktu saya urus Paspor (tanpa jasa calo) lamanya minta ampun! Ke loket itu dulu lah, terus ke masuk ke loket ini. Pas giliran loket wawancara, saya kaget dengan pertanyaannya. Mampu bayar berapa paspornya jadi hari ini? Karena kekurangan dana plus udah berhari-hari juga ngurusnya, saya pilih aja tarif normal regular tanpa menindas hak orang lain.

Itu baru satu contoh, kemarin kejadian lagi saat urus KTP. Banyak penduduk Indonesia masih menganut paham purbakala, ‘terima beres’! orang-orang purba emang gitu, mereka kan hidup nomaden karena nggak mampu menciptakan sumber makanan, mereka mau terima beres! Kembali lagi ke masalah KTP, saya kasihan sama ibu bapak lansia yang juga ikut antre dari pagi dan kurang diladeni oleh petugas imigrasi berjiwa calo! Sedangkan, beberapa yang lain baru datang eh 20 menit udah kelar!



Kenapa sih, dengan alasan kekerabatan, Uang, dan Jabatan kita kadang nggak berlaku profesional? Apakah cermin aparatur pemerintahan seperti ini? oh birokrasi Indonesia, kapan engkau sehat?

4 comments:

  1. Itulah negeri kita kawan. Birokrasibya ngak beres. Pejabatnya janji terus. Siapa lagi Klu bukan kita yang merubah semuanya nanti. Yok berbuat mulai dari hal kecil...

    ReplyDelete
  2. wah juandha curang! aku aja belom punya ktp loh, paraaaaaah

    ReplyDelete
  3. momod: hahah emang lagi doyan! we gotta learn with other country :D

    starting eleven: ayo!! mulai dari eleven hehehe

    Livia: tapi kan di situ bentar lagi kerja di majalah? cieh selamat yah!

    ReplyDelete

Kamu tidak usah ragu, kalau ada yang ingin disampaikan