25.4.13

Lagi iseng ketik keyword 'bulukumba' di youtube. dan inilah hasilnya...

Saya senang membuat orang bertanya balik ketika ada yang bertanya:
'Asal darimana?'
'Bulukumba!'
'Apa? Buluk kumba?, itu di mana?!'

Bulukumba!
Kota kecil eksotis dan berkarakter yang ada di ujung selatan Sulawesi Selatan.
entah terencana atau kebetulan saja, nama kecamatan tempat saya tinggal pun mengandung kata 'bulu'.
Saya tinggal di kecamatan Ujung Bulu. 

Kadang-kadang kalau lagi tidak ada kerjaan, saya selalu merindukan rumah dan Bulukumba.
Bandung dan Bulukumba tidak bisa dibandingkan secara kelengkapan sarana dan prasarana.
Bedanya jaooohhhh.......
Tapi, terlepas dari itu semua, saya senang-senang aja dan merindukan kota ini. So much!

EMANG BULUKUMBA KOTA?!
biar gahol aja bilang Kota, padahal sebenarnya Bulukumba hanyalah kabupaten daerah administratif tingkat II. Bulukumba terletak 4 jam dari Kota Makassar melalui kendaraan darat. Belum ada bioskop semacam blitz dan XXI. Katanya sih dulu pernah ada, namanya Bioskop Surya tapi dibakar massa karena sering mutar film-film tak senonoh.
Ih keren banget!

Dulu pas masih tinggal di sana, saya suka sekali mencari rumput laut yang lepas ke pantai kalau ombak sedang kencang dan selalu tidur jam 9 malam, karena aktivitas sudah mati jam segitu.

Dulu jaman saya, hampir semua warung sudah tutup jam 8 malam. Kalau mau beli-beli atau fotokopi-fotokopi harus dilakukan sore hari.

Tapi, sekarang Bulukumba sudah beda.
Bulukumba kini terang benderang dikala malam hari sampai dini hari.
Sekarang banyak berjejer Alfamart dan Indomaret.
Bahkan ada sebuah jalan, namanya Jalan Sudirman yang hanya sepanjang 800-meteran, di sana sudah ada alfamart, alfamidi, dan indomaret berjejer tiga. Pemborosan!
Benar-benar PERFECT COMPETITION!
Saya sangat mengharapkan seorang sarjana arsitektur dan planologi  untuk segera menyelamatkan Bulukumba, sebelum kota ini menjadi lautan alfamart.

Kenapa saya jadi sensitif seperti ini?

Intinya saya hanya rindu rumah, rindu Bulukumba.
Dan berikut adalah video-video pilihan tentang Bulukumba versi saya.

Pertama, kita buka dengan video kriminal.

Tiduri Istri Bawahan-nya, Kapolsek Bulukumba di Demo



ke-dua, kita lanjutkan dengan video anak muda ikut arus seperti ini:
HARLEM SHAKE BY TEEN SMAN 1 BULUKUMBA


Sumpah, ini bukan SMA almamater saya!
untuk masalah harlem shake sih, saya jagokan video di bawah ini!
Itu anak siapa di video? mau saya suruh pulang!

atau kayak gini, hai sista-sista kalau mau exis Abissss!



ke-tiga, Masyaalla!, Kelakuan dua pegawai Indomaret di Bulukumba.

Gini nih, kelakuan kalau gak ada customer.

ke-empat, petualangan Kamga dan Kompas TV ke Bulukumba mengunjungi suku Kajang
Tapi sayang sekali saudara-saudara, Kamga salah dalam penyebutan Bulukumba di detik ke 56" , ITU KESALAHAN BESAR! BESAR SEKALI!



ke-lima,  video tentang puluhan siswa tentang siswa MAN kesurupan massal

Walaupun demikian, Bulukumba tidak bisa disimpulkan hanya karena Anda telah menyaksikan video-video di atas. Ibarat durian, ini baru tai-tainya, masih duri-durinya.
Kalau kau berkesempatan mengenal lebih dekat, pasti akan ada kenangan manis seperti rasa daging durian yang bikin ketagihan.
Bulukumba pun seperti itu.

4 comments:

  1. woh lu org bulukumba? gw kira orang bandung..., gw suka tanjung bira, pasirnya kayak terigu lembut

    ReplyDelete
  2. halo, tjuandha anak bulukumba :) kamu temannya Aidil Awal ya? kebetulan saya sekelas sama dia sekarang hehe

    ReplyDelete
  3. Ajeng Laras RahmawatiAugust 26, 2015 at 4:01 PM

    Juandha, your is my favourite blogger. :)

    ReplyDelete

Kamu tidak usah ragu, kalau ada yang ingin disampaikan