3.4.13

me gusta hablo espanyol



arti judul di atas, kira-kira seperti ini : saya senang berbahasa spanyol.

Dan video di atas diambil pada salah satu sesi kelas bahasa spanyol bersama Mrs. Fisher Rodgers yang saya ikuti  di Worthington Kilbourne Highschool tahun 2010.

Dua orang bersama saya adalah Lawrence dan Tyler. Hayo tebak mereka yang mana?
Walau begitu, tetap saja saya yang paling keren. iya kan?


Video ini tidak sengaja saja saya temukan dalam hardisk. Sudah lama sekali ia mengendap di sana. Lewat durasi beberapa detik, kini ia membawa saya kembali ke momen-momen tiga tahun kemarin. Momen saya masih bisa lancar bahasa spanyol.

Saya jadi rindu kelas ini. Tiap hari tidak pernah sesak, isinya sering hanya delapan orang. Kecuali Lawrence masuk, maka kelas akan sedikit lebih ramai.
De lunes a viernes,  dari hari senin sampai jumat saya selalu menambah perbendaharaan kata baru. Saat itu, saya merasa keren banget karena bisa berbicara dalam tiga bahasa.

Apalagi, kultur host family saya memang berasal dari Puerto Rico, sebuah negara kecil di Selatan United States yang bahasa nasionalnya bahasa spanyol.
Setiap kali ke gereja, saya selalu bertemu dengan hermanos y hermanas (saudara dan saudari) yang juga bisa berbahasa spanyol. Jadilah, saya terbiasa dengan english dan spanyol selama di sana.


Mrs. Fisher Rodgers


Bahasa spanyol relatif mudah secara pengucapan lafal. Saya merasa bahasa ini ramah di lidah orang Indonesia. Dan kagetnya, ternyata banyak kata dalam bahasa Indonesia yang mirip dengan bahasa spanyol. Misalnya saja; los zapatos adalah sepatu , dan la Bandera adalah bendera. Hem, inilah bukti bahwa orang-orang spanyol dan portugis memang pernah mendarat di Nusantara, sehingga budaya dan bahasa kita berasimilasi. mirip.

Tapi, sedih sekali saat ini saya banyak lupa bahasa spanyol.
Mungkin karena sudah jarang diulang-ulangi.



oh iya, Juan yang dipanggil dalam video ini adalah saya. Singkatan dari Juan-dha. Keren banget gak sob?!

No comments:

Post a Comment

Kamu tidak usah ragu, kalau ada yang ingin disampaikan