4.5.13

INDISCOVERIA, ironi bila keterpusatan Jawa tidak dilihat sebagai musibah.




Setelah membaca buku yang ditulis Ahmad Yunus 'Meraba Indonesia' , saya terkesan dengan sebuah kalimat di dalamnya. Kira-kira bunyinya seperti ini, Sungguh ironi bila keterpusatan Jawa tidak dilihat sebagai musibah.

Perjalanan  Ahmad Yunus dan Farid Gaban mengelilingi Indonesia dengan motor adalah sebuah cara gila untuk mengenal rakyat Indonesia dari dekat, tidak dengan tendensi pencitraan otonomi daerah. Mewawancarai orang-orang biasa yang mereka temui selama perjalanan. Dan melihat seperti apa wajah Indonesia yang jauh dari ibu kota.

Suatu hari saya mungkin akan melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan Farid gaban dan Ahmad Yunus.

Langkah kecil itu saya dan beberapa kawan mulai dengan membetuk Indiscoveria, Cruising Indonesia Discovering You!
Intinya sih, kita mau mengajak anak muda untuk jalan-jalan. Mengenal potensi Indonesia, menguak kearifan lokal dan kekayaan khasana budaya. Kalau kata Gie dalam buku catatan seorang demonstran sih seperti ini;


“Kami jelaskan apa sebenarnya tujuan kami. Kami katakan bahwa kami adalah manusia-manusia yang tidak percaya pada slogan. Patriotisme tidak mungkin tumbuh dari hipokrisi dan slogan-slogan. Seseorang hanya dapat mencintai sesuatu secara sehat kalau ia mengenal obyeknya. Dan mencintai tanah air Indonesia dapat ditumbuhkan dengan mengenal Indonesia bersama rakyatnya dari dekat. Pertumbuhan jiwa yang sehat dari pemuda harus berarti pula pertumbuhan fisik yang sehat. Karena itulah kami naik gunung.”

Sebenarnya gak mesti naik gunung juga. Capek!
Indiscoveria sebentar lagi akan melaunching sebuah acara seru, Ekspedisi Rupiah. Ekspedisi rupiah adalah sebuah perjalanan menguak apa dibalik dua sisi mata uang di tujuh destinasi yang ada di Indonesia. More info visit web kami di Ekspedisi Rupiah.


Doakan yah semoga acara ini bisa berjalan dengan baik, dan ada sponsor serta komunitas yang mau berkolaborasi dengan Indiscoveria.

Salam Rimba, kecup  dan peluk dari penulis.

No comments:

Post a Comment

Kamu tidak usah ragu, kalau ada yang ingin disampaikan