22.5.13

Pepesan Mangga Ikan Cakalang



Sebentar lagi bulan Juni datang. Sebentar lagi penduduk yang mendiami pulau Jinato, sebuah desa sebelah barat kawasan Taman Nasional Taka Bonerate, akan panen ikan cakalang. Ribuan ikan cakalang akan menggelepar begitu saja di pinggir pantai. Tanpa menggunakan alat, ikan ini diambil begitu saja. Inilah berkah Tuhan, bersiaplah!

Bulan Juni sampai Agustus adalah musim bertelur bagi ikan cakalang. Sebagian hasil tangkapan kemudian dijual ke daerah sekitar pulau Jinato, Bulukumba adalah salah satu daerah yang menjadi pasar dari ikan cakalang.

Itu jawaban yang masuk akal ketika saya bertanya kenapa harga ikan cakalang di Pasar Sentral Bulukumba bisa lebih murah harganya di bulan Juni sampai Agustus.

Saya besar dan lama tinggal di Bulukumba, sebuah kabupaten yang terletak di ujung selatan provinsi Sulawesi Selatan. Ikan dan hasil laut adalah pangan pokok yang menjadi konsumsi makanan sehari-hari saya dan keluarga.  Sedangkan ayam dan daging adalah santap kami saat ada acara-acara besar atau kerabat menggelar  hajatan saja. Kedekatan kami dengan laut membuat harga ikan jauh lebih murah dari lauk apapun.

Salah satu makanan olahan dari ikan yang menjadi favorit saya adalah Pepesan Mangga Ikan Cakalang. Ide mencampurkan  rasa asam manis mangga dengan rasa lezat ikan cakalang adalah sebuah kemajuan pesat di bidang cita rasa kuliner pesisir. 

How does it taste?
Enak banget!
How to make it?
Saya tidak tahu!

Masakan yang dibuat oleh ibu saya dihidangkan untuk dimakan, tidak untuk ditanyakan bagaimana cara buatnya!

Tetapi tenang saja, dari hasil browsing di internet saya berhasil menemukan resep makanan Pepesan Mangga Ikan Cakalang.



Kayaknya resep di atas sudah sama persis dengan resep ibu saya. Tapi soal rasa, saya gak bisa jamin akan sama. Soalnya di masakan ibu saya ada keikhlasan di setiap kunyahannya.

Selain gurih, pepesan mangga ikan cakalang adalah makanan dengan gizi yang baik untuk kesehatan mata. Ikan cakalang memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi sehingga bisa menurunkan resiko untuk menderita penyakit mata akibat penuaan dini. Buah mangga juga mempunyai vitamin A yang baik untuk kejernihan penglihatan. Sungguh perpaduan yang komplit.

Bersyukur negeri kita dianugerahi hasil laut melimpah, pepes mangga ikan cakalang mungkin hanya salah satu dari sekian banyak kuliner laut yang pernah saya kenal ada. Semoga laut bisa menjadi sumber kehidupan yang memakmurkan di masa depan, dan aktor-aktor penangkap ikan dengan cara bom dan bius yang merusak ekosistem laut segera sadar kalau laut adalah investasi jangka panjang.

Doakan juga yah kawan-kawan, saya bisa menjadi salah satu petualang yang tergabung dalam Jelajah Gizi 2 , berkesempatan mengenal hasil laut dan kuliner yang tidak terbatas.




1 comment:

  1. lu pernah ke Taman Laut Takabonerate?

    Im very curious about Takabonerate, tapi setelah di google perjuangan untuk kesana cukup lama ya?? Harus ke selayar dulu?



    anyway posting ini buat ikutan lomba blog ya?.. setelah gw lihat ternyata dah berakhir periode lombanya, sangat disayangkan,,, padahal pengen ikutan juga..

    ReplyDelete

Kamu tidak usah ragu, kalau ada yang ingin disampaikan