30.9.13

Being Reckless Before Forty

Saya kadang berpikir, kenapa Kebetulan ada dalam rangkaian peristiwa hidup manusia.
Makna Kebetulan pun sering diartikan sebagai suatu ketidaksengajaan, tanpa persiapan, simsalabim, jadi maka jadilah! Saya juga heran, setiap orang sukses yang ditanyai tentang kesuksesannya, tidak sedikit yang mengatasnamakan Kebetulan. Mungkin kira-kira mereka akan bilang begini, "Waktu itu tidak sengaja, Kebetulan bla..bla..bla.."

Wah, gila yah ternyata rentetan Kebetulan bisa membuat seseorang yang tidak merasa berbuat apa-apa dalam hidupnya kemudian menjadi seseorang yang mempunyai apa-apa, kesuksesan! Kenapa kebetulan begitu baik menolong orang-orang ini?

Bagi saya, setiap Kebetulan yang Tuhan ciptakan, selalu punya maksud. Dibaliknya selalu ada rencana besar. Kebetulan, entah mencoba menghubungkan titik-titik kehidupan kita ke arah lebih baik atau hanya mendekatkan kita kepada takdir yang ternyata sudah tidak bisa diubah?

Seperti secara tiba-tiba saya berinisiatif membaca kembali buku favorit saya, 'Oh My Goodness, Buku Pintar Seorang Creative Junkies' tulisan Yoris Sebastian. Buku ini penuh motivasi dan praktek yang realistis.

Ditengah-tengah buku, saya merasa dilucuti oleh kalimat pengarangnya, Yoris seperti berikut:

"Sayang sekali kalau hasil kreativitas yang sangat bagus ternyata tidak bisa dijual dan akhirnya hanya bisa dinikmati sendiri. kunci sukses dalam menerjuni dunia inovasi adalah mengerjakan sesuatu sesuai passion. Artinya, perlu adanya pengenalan diri atas apa yang disukai dan itulah yang ditekuni."


Gara-gara kalimat sederhana ini, saya kemudian langsung mengirimkan email ke Dhila, untuk membuat sebuah projek asyik, proyeknya tidak jauh dari apa yang saya senang lakukan, yaitu tentang bagaimana caranya agar karya-karya desain kita bernilai ekonomis dan dibeli orang?


Akhirnya, kita berdua muncul dengan sebuah gagasan yang seru.




Saya dan Dhila kemudian mencoba-coba membuat proyek ini menjadi lebih sistematis dan gaul dengan menerapkan ilmu dari mata kuliah yang pernah kami dapatkan. ternyata susah, menerapkan ilmu bisnis ke sebuah proyek nyata!
Saya sadar, semakin kita berpengetahuan, semakin besar pula potensi kita akan mengambil keputusan-keputusan yang aman.
Lets being Reckless!
Bagaimanapun, saya akan tetap maju dengan proyek ini.
Saya percaya ini adalah ide bagus, segar, dan bisa memberikan solusi, setidaknya untuk diri saya.

"What is good idea? One that happen is. If it doesn't, it isn't"
-Paul Arden



1 comment:

  1. semangat ^_^
    ide yang bagus hanya akan tetap menjadi ide kalau tidak pernah dieksekusi... *ngomong emang gampang*
    pokoknya tetap semangat ya kaka

    ReplyDelete

Kamu tidak usah ragu, kalau ada yang ingin disampaikan