28.5.14

Warani Goes to Danone Young Social Entrepreneur 2014

Merantaulah, agar kamu tau bagaimana rasanya dan kemana kau harus pulang. Merantaulah, engkau akan mengerti alasan mengapa kau harus kembali. Merantaulah, akan tumbuh cinta yang tak pernah hadir sebelumnya, pada kampung halamanmu, pada mereka yang kau tinggalkan.(Imam Syafii)
Setiap ada yang bertanya: "Ju, habis lulus lu mau ngapain?"
Saya selalu menjawab: "Mau jadi Bupati Bulukumba gue"
jawaban saya ini, selalu membuat teman-teman saya tertawa. Tapi, bagusnya mereka selalu bilang Amin setelah mereka puas tertawa.

Sepertinya sajak Imam Syafii di atas ada benarnya. Sekarang saya tahu alasan kenapa harus pulang. Jadi Bupati! Bukan berarti, habis lulus serta merta pulang dan masuk parpol untuk jadi bupati. Bukan begitu. Saya akan pulang, setelah saya merasa cukup ilmu dan pengalaman. Sebelum itu, saya akan terus merantau. 

Cita-cita itu menginspirasi saya untuk membuat sebuah inisiasi Warani bersama teman-teman. Sebuah project yang dibuat untuk mempromosikan Tana Beru, Bulukumba sebagai pilihan destinasi wisata di Sulawesi Selatan. Kami selalu percaya, industri pariwisata yang dikerjakan dengan integrasi yang baik dan komprehensif dalam menjadikan masyarakat lokal sebagai tokoh utama adalah salah satu upaya untuk mengentaskan kemiskinan.

Rencananya sih, profit dari inisiasi ini bisa digunakan untuk membuat sekolah konservasi ekosistem laut. Ide itu terinspirasi dari Kapal Kalabia yang ada di Raja Ampat. Sehingga, nanti pas masa pensiun, saya masih bisa menikmati laut yang indah di kampung halaman.

Tetapi meski ide ini terlihat bagus, masih banyak yang harus dilakukan agar inisiasi ini berjalan sesuai rencana. Saya mewakili Warani meminta dukungan dan doa dari pembaca, semoga semuanya berjalan lancar.


Berikut, saya perkenalkan tim Warani, teman-teman saya yang sama-sama memiliki mimpi besar untuk Indonesia yang lebih baik.

Kiri ke kanan: Syirodj, Intan, Juandha, Audy, Jafar

Kiri ke kanan: Dedi, Arnaldi, Kurniawan, Firman

4 comments:

  1. Cool. Bulukumba bangga dengan anak muda seperti ini. ;)Proud of you, man!

    ReplyDelete
  2. Semoga sukses kakak :) aku pun pengen bgt bisa ke bulukumba

    ReplyDelete
  3. Smoga sukses kakak. Aku pun pengen bgt bisa ke bulukumba :)

    ReplyDelete

Kamu tidak usah ragu, kalau ada yang ingin disampaikan