31.7.14

Tulisan ini,


"Kalau kita bukan bagian dari sebuah solusi, kita (mungkin) adalah masalahnya!"
-Danlap OSKM ITB 2011
Tulisan ini harus menjadi pengingat untuk diri saya, jangan sampai terlena dan terlalu lama duduk dalam sebuah kajian tentang sebuah kondisi ideal bagaimana 'seharusnya'. Lalu bangga karena merasa intelek dan merasa paling punya 'idealisme', sehingga merasa sah-sah saja untuk mengutuki semua birokrat yang saat ini menjabat. Hanya karena kita menafsirkan realitas berbeda dengan sistem dan kepercayaan yang kita anut.

Tulisan ini harus menjadi penyemangat, untuk terus mencari tahu apa yang saya tidak tahu atau selalu ragu. Untuk tidak angkuh, ketika sudah merasa tahu. Untuk tidak malu mengakui bahwa memang setiap orang adalah guru. Untuk percaya, kalau kebenaran bukan sebuah bangun datar persegi atau semacam ilmu pasti.

Tulisan ini harus menyadarkan saya yang sudah cukup lama duduk dalam sebuah kajian, duduk lama ternyata bisa membuat kaki kesemutan. Kita butuh sesekali berdiri, lalu mencoba jalan selangkah-dua langkah, sebelum mantap berlari. Lalu lelah, membuat kita butuh untuk duduk lagi.

Tulisan ini untuk jiwaku yang selalu resah, mencari cara untuk menjadi bagian dari solusi.

No comments:

Post a Comment

Kamu tidak usah ragu, kalau ada yang ingin disampaikan